Cara Merubah Hidup Menjadi Lebih Baik dari Sekarang

Cara merubah hidup menjadi lebih baik tidak selalu sulit, perubahan yang terjadi dalam hidup ini tak harus datang besar-besaran, ‘kan? Justru perubahan yang baik itu yang kecil dan konstan. Menjadi seseorang dengan pribadi yang baik adalah keinginan setiap orang. Pribadi yang bisa membawa kebaikan untuk sekitarnya, bagi keluarga, teman, sahabat, saudara dan semua yang ada di sekitar kita.

Memiliki kepribadian yang baik adalah seperti kebutuhan yang setiap saat kita jalankan. Jangan hanya ketika kita menginginkan sesuatu baru kita menunjukkan sikap yang baik, namun pada saat tak diminta kita kembali ke sikap biasanya. Hal ini tidak akan berjalan baik, karena pada dasarnya kepribadian baik itu tidak bisa dibuat-buat.
Langkah Menuju Perubahan menjadi lebih baik

Berikut ini merupakan langkah atau cara yang bisa dilakukan agar bisa berubah menjadi orang lebih baik. Beberapa diantaranya yaitu :

Lebih Optimis dan Berfikir Positif

Berusaha selalu optimis dan berpikir positif walaupun menghadapi situasi buruk merupakan suatu hal yang perlu dilakukan. Jika kita berpikir positif kita akan tenang. Bila tidak bisa tenang setidaknya bisa berfikir tanpa tergesa-gesa tentang bagaimana cara keluar dari situasi yang buruk.

Mempunyai pikiran yang positif akan memberi perubahan terhadap pola kehidupan kita. Semua masalah bisa lebih mudah untuk dipecahkan, ini membantu kita untuk menghadapi tantangan yang lebih hebat di dalam hidup. Dengan hal itu otomatis akhlak kita bisa berubah lebih baik seiring berjalannya waktu.

Selalu Menjaga Perkataan

Bila berbicara pastikan untuk selalu hati­-hati. Pertimbangkan dulu apakah perkataan itu baik untuk diomongkan atau tidak. Bila tidak baik maka lebih baik kita diam. Semua perkataan yang telah diucapkan tak akan dapat ditarik kembali.

Bila kita bicara dalam cara kasar, bisa-bisa kita melukai orang lain dan membuat perilaku yang tak baik untuk kita. Oleh karena itu marilah kita selalu mencoba menjadi lembut disetiap berbicara. Tanpa kita sadar itu akan membuat diri kita menjadi orang yang berakhlak juga berbudi pekerti baik. Selain itu, kita juga akan disukai banyak orang.

Merubah apa yang dimakan

Makanlah selagi lapar dan minumlah selagi haus. Ini mengandung makna makan dan minumlah tanpa harus berlebihan. Sebagai umat Muslim juga ada puasa Ramadhan. Itu berarti Allah SWT telah mengingatkan pada kita agar memberikesempatan tubuh untuk beristirahat dari pekerjaannya mengolah makanan. Selain itu, puasa juga dapat merubah cara pandang terhadap sesama berdasarkan dari yang kita makan.

Perhatikan apa yang kita makan. Contoh ungkapan, makan ikan jangan semuanya, karena didalamnya ada tulang duri dan kotoran.

Selalu Memaafkan Dan Minta Maaf

Hidup tidak kekal dan hidup terlalu singkat untuk menyimpan dendam. Mari kita lepaskan kemarahan dengan lakukan hal positif dan memaafkan orang yang berbuat kesalahan kepada kita.

Meminta maaf pada orang lain jika kita memiliki masalah padanya tentu juga tak akan mengurangi harga diri sebagai manusia yang baik. Justru akan membuat kita jadi terbebas dari masalah dan akhlak kita menjadi lebih baik.

Anda ngin jadi baik?

Cobalah untuk senantiasa dalami ilmu agama.

Karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang Allah kehendaki mendapatkan seluruh kebaikan, maka Allah akan memahamkan dia tentang agama.” (HR. Bukhari, no. 71; Muslim. no. 1037)

Semoga apa yang kami sampaikan tadi bisa memberikan perubahan positif bagi kehidupan kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *